RSS

Tulisan di blog harus panjang ya?

Monday, September 17, 2007


Sebenarnya tulisan d blog terserah kita mau yang panjang sampai detail atau cukup 1 atau 2 paragraf kan blognya puny
a kita ya terserah kita ngaturnya. Hali ini mungkin juga tergantung dari latar belakang pendidikan dari penulis blog, penulis yang telah mempunyai banyak pengalaman menulis di media cetak mungkin menulis d blog dengan tulisan yang panjang dan detail tetapi banyak juga para penulis-penulis terkenal yang mempunyai tulisan yang pendek tapi memiliki arti yang sangat besar.
Kita bisa ambil contoh bebrapa blog terkenal di amerika yang akan menjawab pertanyaan di atas, daftar ini saya kutip dari blognya afatih diantaranya:

1. Juan Cole, dia adalah professor politik di sebuah universitas di AS. Rata-rata menulis dari satu artikel setiap hari. Tulisannya rata-rata panjang sekitar 700 sampai 1000 kata. Tulisannya serius dan sangat berbobot. Trafficnya luar biasa, sekitar 100.000-an per hari.

2. Instapundit: ditulis oleh Glen Reynold seorang professor perguruan tinggi di AS dan kolumnis untuk majalah Newsweek. Ia mengklaim dirinya sebagai the grand daddy of political blog.Unique visitornya sekitar 150.000-an perhari. Itu artinya, tulisan pendek pun tidak mengurangi nilai atau bobot suatu blog. Yang penting, seberapa besar pengunjung dapat mengambil keuntungan dengan membaca tulisan kita. Professor ganteng mirip Richard Gere ini juga menulis di blognya lebih dari satu tulisan setiap harinya. Tulisannya pendek-pendek, sekitar satu atau dua paragraf. Biasanya tulisannya hanya memberi tautan banyak link ke tulisan orang lain plus sedikit komentar dari dia sendiri.

Jadi sudah terjawab belum pertanyaan di atas? yang penting sebenarnya adalah keteraturan kita menulis blog, minimal kita memposting 1 posting per hari dan tulisan tersebut dapat memberikan hal baru bagi pengunjung juga bermanfaat bagi pembacanya. Jadi tidak masalah apakah tulisannya panjang atau pendek

No comments: