RSS

Membaca bikin hidup lebih hidup

Tuesday, September 25, 2007



Membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat Membaca membuat cewek cakep menjadi semakin menarik dan cewek tidak cantik pun menjadi terlihat menarik. Membuat cowok keren menjadi semakin berkarisma; dan cowok yg biasa-biasa saja menjadi tampak gaya. Membaca membuat orang lebih terbuka pikirannya.


Cewek atau cowok walaupu mereka berpenampilan menarik atau lebih tepatnya cakep yang tidak memiliki kesenangan membaca akan terlihat membosankan baik dalam pergaulan sebagai pribadi ataupun sebagai lawan bicara. Berbicara dengan mereka yang termasuk golongan ini mungkin sejam tidak terasa membosankan karena pada rentang waktu tersebut biasanya dipakai untuk menceritakan pengalaman atau kegiatan sehari-hari jika lebih dari waktu sejam akan terasa membosankan berbicaa dengan mereka ujung-ujung pembicaraan mungkin akan sampai pada gosip dan membicarakan kejelekan orang lain.

Membaca membuat otak kita yang semula hanya berisi "batu" menjadi berisi "berlian", otak yang semula hanya berisi "pasir" berubah isnya menjadi "emas". Namun membaca tidak menjadi gaya hidup generasi muda masa kini. Peilaku ini dapat dimaklumi pada sebagian anak muda yang memiliki pekerjaan kasar ataupun banyak bekerja di lapangan tetapi bagaimana jika melihat para mahasiswa yang notabene generasi emas bangsa yang akan meneruskan tonggak kepemimpinan bang menjadi tidak gemar untuk membaca.


Sungguh aneh melihat fenomena tersebut, ada beberapa alasan yang menjadikan membaca tidak di gemari oleh para generasi muda antara lain:

a. Sikap malas, hal ini merupakan masalah utama orang yang akan memulai membaca dikarenakan sikap manusia yang umumnya pemalas apalagi untuk memulai yang menurut dia tidak menarik.

b. Membaca hanya membuang-buang waktu, banyak orang yang menganggap memperoleh informasi dengan membaca hanya buang-buang waktu saja padahal waktu mereka sebenarnya banyak di buang-buang utntuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

c. Hobi membaca dianggap suatu hobi yang tidak keren dan ketinggalan jaman dan tidak sesuai dengan kemajuan jaman sekarang ini.

Apa yg harus dibaca? Menurut dr. Kartono Mohamad mantan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kolomnis di berbagai media cetak dan anggota milis nasional ppiindia– mengatakan: “Bacalah apa saja yg Anda suka!” Koran, majalah, buku, komik, milis,blog dll. Hal yang membedakan orang yang berbudaya dengan orang primitif yaitu membaca, apa kita semua mau dikatakan orang primitif karena hanya menolak menjadikan membaca menjadi gaya hidup.

Untungnya saya sejak kecil selalu ditekankan untuk gemar membaca oleh orang tua sehingga sampai sekarang pun membaca menjadi hobi yang sangat mengasyikkan bagi saya. Sampai hari ini koleksi buku yang saya punyai lebih dari 40an judul dari berbagai macam topk itupun masih sedikit jika di tambahkan dengan buku kanak-kanak yang saya punya.

dikutip dari : http://afatih.wordpress.com

Baca Selengkapnya..

1 comment:

Anonymous said...

Tul jar...tapi klo gw komik 'lebih baik' dari buku bacaan. Ga perlu mikirrr....hehehe :D