RSS

Car Free Day

Saturday, September 22, 2007


Hari ini di Jakarta di berlakukan Car Free Day yaitu hari bebas kendaraan bermotor yang diselenggarakan oleh BPLHD (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah). Pada hari sabtu ini 22 september 2007, jalan Sudirman-Thamrin di bebaskan dari kendaraan pribadi yang boleh melewati jalan ini hanya kendaraan umum itupun hanya di jalur lambat, bus transjakarta juga beroperasi dengan normal di jalur busway.

Penutupan jalan ni dari kendaraan pribadi di mulai pkl 06.00-19.00, setelah pukul 19.00 kendaraan pribadi diperbolehkan lagi melewati jalan tersebut. Acara ini dilakukan berkaitan dengan pengendalian dan perbaikan kualitas udara di Jakarta, seperti yang kita tahu Jakarta merupakan salah satu kota besar di dunia yang memiliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi.

Kelompok pemerhati lingkungan Amerika Serikat Institut Blacksmith mengeluarkan daftar 10 kota paling polusi di dunia tetapi untungnya Jakarta belum termasu dari 10 besar kota-kota terpolusi tersebut namun mungkin saja tahun-tahun berikutnya Jakarta bisa menempati 10 besar tersebut mengingat pencemaran udara di kota Jakarta makin hari makin tak terkendali.



Semoga saja dengan adanya acara ini di Jakarta akan lebih menggugah pemerintah an masyarakat akan pentingnya pengurangan pencemaran udara, akan lebih baik jika acara ini tidak hanya di lakukan sekali dalam setahun namun kedepannya bisa ada 1 hari dalam seminggu di mana jalan-jalan di kota Jakarta bebas dari kendaraan. Ya kita hanya bisa berharap itu terjadi menunggu tindakan pemerintah agar lebih peduli trhadap lingkungan hidup.

No comments: