RSS

Penentuan 1 Syawal 1428H

Wednesday, October 3, 2007

Saya bingung dengan apa yang terjadi di negeri ini tentang penentuan awal Idul Fitri atau akhir dari bulan Ramadhan yang sering kali terdapat perbedaan antar beberapa golongan. Untuk tahun ini saja terdapat perbedaan pendapat tentang jatuhnya 1 Syawal 1428H. Saudara-saudara kita yang di ormas Muhammadiyah meyakini 1 Syawal jatuh pada hari Jumat 12 Oktober 2007. Memang dalam perhitungan ini tiap golongan memiliki metoda atau cara yang berbeda, tiap golongan bersikukuh dengan perhitungannya sedangkan pemerintah hanya diam menunggu yang membuat masyarakat bingung dalam meyakini perhitungan mana yang benar.

Pemerintah memang tidak selamanya diam menunggu, menteri telah melakukan prtemuan dengan ormas-ormas Islam untuk membahas hal ini namun tidak ada asil yang berarti keluar dari pertemuan tersebut, jadi kelihatannya pertemuan tersebut hanya acara kumpul-kumpul saja. Fenomena ini dapat mencerminkan sikap dari pemimpin umat saat ini mereka hanya ingin menang sendiri atau bisa dibilang sikap yang overconfident.

Hal seperti ini menegaskan para pemimpin umat kurang memahami prinsip musyawarah dalam mencari kebenaran, jangan hanya mau menang sendiri saja tanpa memperhatikan kondisi umat. Hal seperti ini merupakan celah-celah bagi musuh Islam untuk mengadu domba dan memecah belah antar sesama umat, semoga hal ini tidak terjadi pada kita semua. Jadi mana yang benar tentang perhitungan awal Idul Fitri tahun ini? Wallahu a'lam bishshawab...
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

No comments: